Sabtu, 07 November 2015

PERBANDINGAN MOTOR CARBURATOR DENGAN INJECTION

PERBANDINGAN MOTOR CARBURATOR DENGAN INJECTION

Tepat pada tahun 2014, setelah lebih dari 100 tahun mengabdi karburator akan menjadi kenangan, Sepeda motor baru yang diproduksi oleh pabrikan mulai dan hampir 100% menggunakan sistem Fuel Injection. Kenapa karburator harus berakhir dan digantikan oleh Fuel Injection, mari kita lihat perbandingannya.


A. Penjelasan Karburator

          Karburator yang baik setidaknya memiliki tiga penakar bensinyang disebut jet, jet memiliki ukuran lubang tempat bensin akan mengalir yang berbeda-beda, semakin besar lubangnya, semakin banyak bensin yang dapat lewat. Penakar bensin yang disebut jet ini masing-masing akan bekerja sesuai posisi bukaan gas.

  1.   Slow/Pilot Jet adalah penakar bensin yang paling kecil ukuran lubangnya, menakar bensin untuk kebutuhan putaran mesin rendah, bukaan gas 0~1/4.
  2.  Needle Jet & Jet Needle bekerja bersama membentuk celah lubang untuk bensin lewat, menakar bensin untuk putaran mesin menengah, bukaan gas 1/4~3/4.
  3.  Main Jet adalah penakar bensin untuk putran mesin tinggi dengan bukaan gas penuh – 3/4~1.Jet-jet ini selalu terbuka dan mengalirkan bensin saat mesin hidup.

Gambar Slow/Pilot Jet, Needle Jet, dan Main Jet


Perbedaan utama antara karburator dan injeksi adalah, pada karburator bensin masuk kedalam mesin karena dihisap oleh mesin, sedangkan injeksi sesuai namanya bensin diberi tekanan terlebih dahulu oleh pompa bensin, kemudian diinjeksi kedalam saluran masuk mesin melalui injector (gambar atas, sebelah kanan).


B. Pejelasan Injeksi

Injector ditempatkan pada saluran masuk mesin sebelum katup masuk- intake valve. Injektor seperti pintu/keran bensin yang membuka dan menutup aliran bensin yang sudah bertekanan sesuai perintah dari ECU Engine Control Unit.

Cara kerja Injector mirip seperti busi yaitu juga mempunyaitiming kapan dan berapa lama harus menyemprotkan bensin , jika busi memerlukan masukan dari sensor posisi crankshaft untuk menentukan saat pengapian maksimal, misalnya 10° sebelum piston mencapai titik mati atas – TMA.
Timing untuk injektor lebih rumit karena yang diukur sebagai penentu berapa lama injektor membuka untuk menyemprotkan bensin adalah berapa banyak udara yang masuk kedalam mesin, injektor harus memberikan jumlah bensin yang tepat agar dapat terbakar habis dengan jumlah udara yang ada (masuk kedalam mesin), nah ini rumus kimia dasarstoichiometry (2 C8H18 + 25 O2 → 16 CO2 + 18 H2O) perbandingan jumlah Udara O2 dan Bensin C8H18 yang terbaik, untuk menghasilkan tenaga mesin atau efisiensi maksimal.



Gambar injection


Jumlah udara O2 yang masuk kedalam mesin tidak selalu tetap berdasarkan kapasitas mesin saja, misal mesin 100cc = jumlah udara yang dihisap masuk 100cc, tetapi volume dan kandungan O2 berbeda-beda berdasarkan bukaan gas, putaran mesin, suhu udara, tekanan udara, kelembapan udara, jadi banyak sensor yang dipakai untuk menghitungnya, bahkan setelah pembakaran pun masih ada O2 sensor yang dipasang pada saluran buang untuk mengabarkan kepada ECU apakah hasil kalkulasi timing injektor sudah pas atau belum, perlu ditambah atau dikurangi.
Dengan demikian Fuel Injection lebih presisi mengatur bensin dibandingkan dengan karburator, lebih baik untuk efisiensi bahan bakar, menekan polusi gas buang kendaraan bermotor.Seperti sistem CDI yang akhirnya menggantikan Platina – contact breaker, maka Fuel Injection juga menggantikan karburator.




C. Tabel Perbandingan



TABEL PERBANDINGAN 
Sistem
Kelebihan
Kekurangan

   







Carburator

      1.       Lebih murah dibandingkan system injection tetapi apabila ditambah alat lain, maka harganya mendekati system injection.

      2.       Jumlah komponen lebih sedikit dan tidak kompleks


      3.       Perawatan lebih gampang dan sederhana

      4.       Gampang saat dilakukan pembersihan atau servis
   

       1.       Untuk penyetelan A/F ratio dilakukan manual dan hanya bisa sekali.

       2.       Membutuhkan penyetelan yang tepat untuk semua kondisi tetapi tidak dapat mengatasi setiap kondisi yang dapat berbeda-beda

       3.       Perlu adanya alat/komponen tambahan agar kerja karburator dapat menyesuaikan kondisi seperti pompa akselerasi, coasting enricher, dll

       4.       Penggunaan bahan bakar kurang efisien, sehingga cenderung boros.









Injection
1.       Dapat mengatur A/F ratio berdasarkan kebutuhan mesin dan kondisi cuaca.

2.       Dapat mengatur A/F berdasarkan kadar emisi yang diwajibkan sehingga emisi lebih baik.

3.       Ketika temperature dan tekanan udara berubah maka dia dapat menyesuaikannya.

4.       Injector menyuplai bahan bakar kemesin berdasarkan kebutuhan mesin sehingga penggunaan bahan bakar dapat lebih effisien sehingga menjadi lebih irit.

1.       Harga lebih mahal dibandingkan karburator sebab lebih banyak terdapat komponen.

2.       Jumlah komponen yang lebih banyak dan kompleks

3.       Perawatan harus menggunakan alat khusus dan teknik tertentu.

Gambar Tabel Perbandingan



Motor keluaran terbaru hampir semua menggunakan Sistem Injeksi, sudah tidak menggunakan sistem karburator. Demikian lah perbadandingan dari sistem kerja motor Karburator dan Injeksi anda lebih tertarik dengan mana? 

DAFTAR PUSTAKA

Related Articles

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Blogger templates

Blogger news