Senin, 26 Januari 2015

PERBEDAAN RISC DAN CISC

1.    RISC (Reduced Instruction Set Computing)
RISC singkatan dari Reduced Instruction Set Computer. Merupakan bagian dari arsitektur mikroprosessor, berbentuk kecil dan berfungsi untuk mengatur istruksi dalam komunikasi diantara arsitektur yang lainnya. RISC  atau  Reduced  Instruction  Set  Computing pertama  kali  digagas oleh  John Cocke,  seorang peneliti  dari  IBM  di  Yorktown,  New  York  pada  tahun  1974. Saat  ia membuktikan bahwa sekitar 20% instruksi pada sebuah prosesor ternyata menangani sekitar 80% dari  keseluruhan  kerjanya.  Komputer  pertama  yang  menggunakan konsep  RISC  ini  adalah IBM  PC/XT  pada  era  1980-an.  Istilah  RISC  sendiri  pertama kali  dipopulerkan  oleh  David Patterson,  pengajar  pada  University  of  California  di Berkely.

RISC  berarti  "komputasi  kumpulan  instruksi  yang  disederhanakan".  RISC merupakan  sebuah arsitektur  komputer atau  arsitektur  komputasi  modern  dengan instruksi-instruksi dan jenis eksekusi yang paling sederhana. Arsitektur ini digunakan pada  komputer  dengan  kinerja  tinggi, seperti  komputer  vektor.  Selain  digunakan dalam  komputer vektor, desain ini  juga diimplementasikan pada prosesor  komputer lain,  seperti  pada  beberapa  mikroprosesor  Intel 960,  Itanium (IA64)  dari  Intel Corporation,  Alpha  AXP dari  DEC,  R4x00 dari  MIPS  Corporation, PowerPC dan Arsitektur  POWER dari  International Business  Machine. Selain itu, RISC  juga umum dipakai  pada  Advanced  RISC  Machine  (ARM) dan  StrongARM (termasuk  di antaranya adalah Intel XScale), SPARC dan UltraSPARC dari Sun Microsystems, serta PA-RISC dari Hewlett-Packard.

RISC mempunyai karakteristik :
a.    one cycle execution time : satu putaran eksekusi. Prosessor RISC mempunyai CPI (clock per instruction) atau waktu per instruksi untuk setiap putaran. Hal ini dimaksud untuk mengoptimalkan setiap instruksi pada CPU.
b.    pipelining:adalah sebuah teknik yang memungkinkan dapat melakukan eksekusi secara simultan.Sehingga proses instruksi lebih efisien.
c.    large number of registers: Jumlah register yang sangat banyak. RISC di Desain dimaksudkan untuk dapat menampung jumlah register yang sangat banyak untuk mengantisipasi agar tidak terjadi interaksi yang berlebih dengan memory.

Ciri-Ciri Prosessor RISC :
a.    Prosessor RISC mengeksekusi instruksi pada setiap siklus detak (Robinson 1987:144, Johnson 1987:153).
b.    Instruksi  pada  prosesor  RISC  memiliki  format  tetap,  sehingga  rangkaian pengontrol instruksi  menjadi  lebih  sederhana.  Dengan  kata  lain  dapat menghemat penggunaan luasan keping semikonduktor.
c.    Instruksi yang berhubungan dengan memori hanya instruksi isi (load) dan instruksi  simpan (store),  dan  instruksi  lain  dilakukan  dalam  register internal prosesor.
d.    Prosesor  RISC  memerlukan  waktu  kompilasi  yang  lebih  lama  daripada prosesor CISC.
Konsep arsitektur RISC banyak menerapkan proses eksekusi pipeline. Meskipun jumlah perintah tunggal yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan yang diberikan mungkin lebih besar, eksekusi secara pipeline memerlukan waktu yang lebih singkat daripada  waktu  untuk melakukan  pekerjaan  yang  sama  dengan  menggunakan perintah yang lebih rumit.  Mesin RISC memerlukan memori yang lebih besar untuk mengakomodasi  program  yang  lebih besar.  IBM  801  adalah  prosesor  komersial pertama yang menggunakan pendekatan RISC.          


2.    CISC (Complex Instruction-Set Computer)
CISC  atau  Complex  Instruction-Set  Computer  berarti  “kumpulan  instruksi komputasi kompleks". CISC adalah sebuah arsitektur dari set instruksi dimana setiap instruksi  akan  menjalankan beberapa  operasi  tingkat  rendah,  seperti  pengambilan dari  memory,  operasi  aritmetika,  dan penyimpanan  ke  dalam  memory,  semuanya sekaligus  hanya  di  dalam  sebuah  instruksi. Karakteristik  CISC  dapat  dikatakan bertolak-belakang dengan RISC.
Konsep CISC menjadikan mesin mudah untuk diprogram dalam bahasa rakitan, tetapi  konsep  ini menyulitkan  dalam  penyusunan  kompiler  bahasa  pemrograman tingkat tinggi. Dalam CISC banyak terdapat perintah bahasa mesin.
Ciri-ciri Prosesor CISC :
a.    Jumlah instruksi yang banyak dan instruksi yang lebih kompleks.
b.    CISC akan menghasilkan program yang lebih kecil dan lebih cepat.
c.    Ukuran  program-program  yang  dihasilkan  akan  menjadi  relatif  lebih  kecil,  dan penggunaan memory akan semakin berkurang.
Contoh-contoh  prosesor  CISC  adalah  System/360,  VAX,  PDP-11,  varian Motorola 68000 , dan CPU AMD dan Intel x86.
Perbedaan RISC dengan CISC dilihat dari segi instruksinya
·         RISC ( Reduced Instruction Set Computer )
-  Menekankan pada perangkat lunak, dengan sedikit transistor
-  Instruksi sederhana bahkan single
-  Load / Store atau memory ke memory bekerja terpisah
-  Ukuran kode besar dan kecapatan lebih tinggi
-  Transistor didalamnya lebih untuk meregister memori

·         CISC ( Complex Instruction Set Computer )
-  Lebih menekankan pada perangkat keras, sesuai dengan takdirnya untuk programer.
-  Memiliki instruksi komplek. Load / Store atau Memori ke Memori bekerjasama
-  Memiliki ukuran kode yang kecil dan kecepatan yang rendah.
-  Transistor di dalamnya digunakan untuk menyimpan instruksi – instruksi bersifat komplek

Kesimpulan
      CISC Complex Instruction Set Computer sedangkan RISC merupakan kepanjangan dari Reduced Instruction Set Computer. Chip RISC dibangun mulai pertengahan tahun 1980 sebagai pengganti chip CISC. Pada dasarnya karakteristik CISC yg "sarat informasi" memberikan keuntungan di mana ukuran program-program yang dihasilkan akan menjadi relatif lebih kecil, dan penggunaan memory akan semakin berkurang. Hal inilah yang menyebabkan komputer-komputer pada saat itu memiliki harga yang murah. 
        Filosofi RISC berada dalam tidak satu pun chip yang menggunakan bahasa instruksi assembly yang complex, seperti yang digunakan di CISC. Untuk itulah, instruksi yang simple dan lebih cepat akan lebih baik daripada besar, complex dan lambat seperti CISC. Keuntungan RISC lainnya karena adanya instruksi yang simple, maka chip RISC hanya memiliki beberapa transistor, yang akan membuat RISC mudah didesain dan murah untuk diproduksi untuk menulis compiler yang powerful. RISC memberikan kemudahan di hardware, namun lebih kompleks di software. 

RISC vs CISC

RISC (Apple) versus CISC (Intel) adalah topic yang cukup populer ketika diperbincangkan di Net. CISC (sisk-red), merupakan kepanjangan dari Complex Instruction Set Computer. Kebanyakan PC menggunakan CPU berdasarkan arsitektur CISC ini, seperti contoh AMD CPU dan Intel. Chip CISC memiliki jumlah chip yang berbeda dan instruksi yang complex. Filosofi CISC berada di balik hardware yang selalu lebih cepat berkembang dibanding software. Untuk itu, diperlukan set instruksi yang powerful, yang dapat menyediakan programmer, beberapa instruksi assembly dengan program pendek. Pada umumnya, chip CISC berjalan lebih lambat per instruksi dibandingkan RISC, namun menggunakan sedikit instruksi ketimbang RISC.
RISC (risk-red), merupakan kepanjangan dari Reduced Instruction Set Computer. Chip RISC dibangun mulai pertengahan tahun 1980 sebagai pengganti chip CISC. Filosofi RISC berada dalam tidak satu pun chip yang menggunakan bahasa instruksi assembly yang complex, seperti yang digunakan di CISC. Contoh penggunaan chip RISC adalah pada CPU Apple. Untuk itulah, instruksi yang simple dan lebih cepat akan lebih baik daripada besar, complex dan lambat seperti CISC. Keuntungan RISC lainnya karena adanya instruksi yang simple, maka chip RISC hanya memiliki beberapa transistor, yang akan membuat RISC mudah didesain dan murah untuk diproduksi untuk menulis compiler yang powerful.
RISC memberikan kemudahan di hardware, namun lebih kompleks di software. Pengembang software di RISC harus menulis banyak line untuk task yang sama. Oleh karena itu, desain arsitektur RISC mungkin bukan yang terbaik di masa depan, setelah kemunculan chip CISC yang lebih cepat dan lebih murah. Namun, RISC telah eksis lebih dari 10 tahun dan telah menghantam pasar CISC. Menurut tomax7.com, sekitar 75 persen processor berbasis arsitektur CISC, dan kebanyakan dari mereka adalah standard x86. Namun, sekarang ini chip RISC juga memiliki instruksi yang banyak, hampir sama dengan chip CISC. Sebagai contoh, PowerPC 601 berbasis arsitektur RISC, support lebih banyak instruksi dibandingkan Pentium yang menggunakan chip CISC.


Related Articles

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Blogger templates

Blogger news