Sabtu, 07 November 2015

Perbandingan Hidrolik Fluida Air dan Oli

Perbandingan Hidrolik Fluida Air dan Oli

A.Perkembangan Fluida Hidrolik
               
Sejarah pertamanya penggunaan hidrolik dengan media air pada tahun 1795 oleh Joseph Bramah yang digunakan untuk mesin press. Pada abad 19 media air juga masih banyak digunakan di Inggris namun pada tahun 1910 sejak ditemukan desain mesin pompa yang pengoperasiannya harus menggunakan mineral oli, maka media air tidak popular lagi, pompa ini ditemukan oleh Amstrong, William & James.

Perbaikan kualitas fluida kerja untuk menghasilkan peningkatan efisiensi terus dilakukan. Peningkatan kerja dengan tekanan yang tinggi akan menaikan temperatur fluida kerja sehingga benar benar dibutuhkan kualitas fluida kerja yang baik , umur fluida yang makin panjang, proteksi yang baik bagi komponen hidrolik, sehingga pada tahun 1940 oli diperkenalkan dan ini mengandung zat aditive untuk melindungi dari oksidasi dan karat.

Fluida kerja adalah merupakan komponen yang sangat penting dari semua sistem hidrolik. Fluida ini berlaku sebagai pelumas, media untuk mengalirkan panas, media transfer energi. Karakteristik dari fluida sangat mempengaruhi terhadap performa dan umur hidup alat. Pada dasarnya fluida hidrolik adalah uncompressible dan ketika dimasukan kedalam penampung akan berbentuk sama dengan penampungnya. Penggunaan fluida yang bersih, berkualitas tinggi dengan tujuan untuk mendapatkan pengoperasian hidrolik yang efisien.

Fluida hidrolik mempunyai fungsi sebagai penerus tenaga, penghilang panas, pelumas dan pelindung yang sempurna bagi komponen, untuk itu fluida hidrolik harus mempunyai sifat:
1. Viskositas yang ideal
2. Kemampuan lubrikasi yang baik
3. Kemampuan menguap yang rendah.
4. Tidak beracun.
5. Berat jenis yang rendah.
6. Ramah lingkungan dan sifat kimia yang stabil.
7. Tingkat incompressibilitas yang tinggi.
8. Tahan api.
9. Kemampuan meneruskan panas yang baik.
10. Tidak mudah berbusa.
11. Mudah didapat dan harga murah.
Hal ini sangat jelas tidak cukup fluida tunggal dapat memenuhi semua kebutuhan yang ada diatas.

Awal mula penggunaan fluida hidrolik adalah air namun seiring berkembang nya zaman penggunaan fluida hidrolik diganti menjadi oli, berikut ini adalah tabel pebandingan antara hidrolik fluida air dan hidolik fluida oli.


TABEL PERBANDINGAN

Fluida Yang Digunakan

Kelebihan

Kekurangan








                      


                 Fluida Oli


  •       Tenaga yang dihasilkan besar


  • Sistem hidrolik besar sehingga banyak diaplikasikan pada alat berat seperti crane, kerek hidrolik dll.


  •       Juga bersifat sebagai pelumas sehingga tingkat kebocoran lebih jarang dibandingkan dengan sistem pneumatic


  •      Tidak berisik.


  •     Fluida yang digunakan (oli) harganya mahal.


  •       Apabila terjadi kebocoran akan mengotori sistem, sehingga sistem hidrolik jarang digunakan pada industri makanan maupun obat-obatan.


  •      Deteriorasi (Yaitu kerusakan deterioration) oli yang disebabkan oleh pengaruh dari oli itu sendiri, ini terjadi akibat adanya perubahan oksidasi, perubahan viskositas, pengurangan tegangan permukaan dan sebagainya.











Fluida Air



  •      Tidak mudah berbusa.


  •       Mudah didapat dan harga murah.


  •      Tidak beracun.


  •      Apabila terjadi kebocoran tidak akan mengotori sistem, sehingga sistem hidrolik sering digunakan pada industri makanan maupun obat-obatan




  •       Mudah membeku pada suhu 0ºC pada tekanan atmosfer.


  •      Cenderung mengembang ketika membeku.


  •     Sifatnya korosif.


  •       Bukan pelumas yang baik.

Tabel Perbandingan Hidrolik Fluida Air dan Oli

Demikian lah perbandingan dari Hidrolik yang menggunakan Fluida Air dan Oli, pengaplikasian nya sendiri tergantung kepada situasi dan kondisi untuk memilih Fluida apa yang di gunakan atau sama dengan sesuai dengan kebutuhan yang di perlukan.




DAFTAR PUSTAKA

Related Articles

2 komentar:

  1. Petrofer Oil sangat memahami tuntutan konsumen dimana konsumen membutuhkan pelumas yang berkualitas namun dengan harga yang terjangkau, karena itu Petrofer Oil sangat diterima oleh konsumen.

    Produk Petrofer Oil tersedia untuk semua kebutuhan industri seperti :

    Metal working fluid, Metal forming lubricants, Die casting, Forging, Hidrolik oil, Slide way, Gear oil, Cutting oil, Quenching oil dan berbagai jenis chemicals.

    Anda dapat menemukan informasi terbaru mengenai kami pada halaman ini. Perusahaan kami terus berkembang dan berevolusi. Kami menyediakan beragam layanan. Misi kami adalah menyediakan solusi terbaik yang dapat membantu semua orang.

    PETROFER OIL & CHEMICAL



    AFTER MARKETING
    TOMMY.K
    KONTAK
    (081310849918)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Blogger templates

Blogger news